Headlines News :
Home » , » Kerajaan Burung di Untungjawa

Kerajaan Burung di Untungjawa

Written By Unknown on Jumat, 14 September 2012 | 01.38

Kiriman : Putri Rizqi Hernasari

Jangan kaget melihat ada ribuan burung berterbangan dan hinggap di pohon begitu sampai di pulau ini. Pulau Rambut di Kepulauan Seribu memang habitat ribuan ekor burung. Tak heran banyak yang menyebutnya sebagai Kerajaan Burung.

Pulau Rambut adalah salah satu pulau yang masuk dalam gugusan Kepulauan Seribu, letaknya tak jauh dari Pulau Untung Jawa. Pulau ini cukup luas, mencapai 45 hektar. Ada satu hal yang menarik dari pulau ini, yaitu penghuninya.

Pulau Rambut tidak dihuni manusia, melainkan ribuan burung. Banyak burung yang menjadikan pulau ini sebagai tempat tinggal. Baik burung darat maupun burung laut bisa Anda temukan di sini.

Menara di Pulau Rambut
(sumber: farrachman.wordpress.com
Pulau Rambut di Kepulauan Seribu telah menjadi Suaka Margasatwa pada tahun 1999, karena memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah. Selain dihuni ribuan burung, Pulau Rambut juga ditempati aneka reptil, serangga dan tanaman bakau.

Kebanyakan burung yang ada di Pulau Rambut diperkirakan berasal dari Australia. Sebagian besar burung yang menghuni Pulau Rambut biasa bermigrasi ke Pulau Jawa atau pulau lain di Kepulauan Seribu. Burung-burung ini akan pergi untuk mencari makan pada pagi hari, dan kembali ke Pulau Rambut secara bergerombol pada sore hari.

Hutan Bakau
(dok. Silvia Faradila/ACI)
Bisa dibilang, Pulau Rambut adalah surganya para pecinta burung. Banyak maniak burung sengaja datang ke pulau ini untuk melakukan birdwatching atau pengamatan burung. Fasilitas untuk birdwatching pun telah disiapkan, seperti menara pengamatan yang berada di tengah pulau.

Setiap pengunjung yang datang bisa naik ke atas menara setinggi 15 meter. Dari atas menara, Anda bisa melihat Pulau Rambut dan pepohonan yang mendominasi daratannya.

Untuk mencapai Pulau Rambut, Anda bisa berangkat dari Pelabuhan di Muara Angke atau Marina Ancol. Dari Muara Angke, wisatawan bisa mencapai Pulau Rambut dengan waktu tempuh sekitar 90 menit. Bila berangkat dari Marina, waktu tempuh lebih singkat, yaitu 30 menit.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik di Untungjawa...?
Ceritakan di sini pengalamanmu...
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Template information

Label 6

 
COBA DI SINI DECH....!
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SDN Pulau Kelapa 02 Pg. - All Rights Reserved
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA, SEMOGA SEGALA YANG ADA DAPAT BERMANFAAT...!